Minggu, 20 Januari 2008

PEREMPUAN PUNYA CERITA

Photobucket

Cerita Pulau (Chant From An Island)
Sutradara: Fatimah T. Rony
Cerita: Vivian Idris
Director of Photography: Teoh Gay Hian
Pemain : Rieke Diah Pitaloka, Rachel Maryam, Arswendy Nasution, Edo Borne Putra, Zakiyah, Sana’ah

Sumantri mendedikasikan hidupnya untuk kesehatan Ibu dan anak di sebuah pulau berpenduduk padat tak jauh dari Jakarta. Terbatasnya akses transportasi dan komunikasi ke luar pulau membuat posisi Sumantri sebagai satu-satunya bidan menjadi tak tergantikan, ia kerap kali mengesampingkan kepentingan pribadi termasuk kesehatannya demi mendahulukan pasiennya.

Saat dokter memvonisnya dengan kanker dan harus menjalani perawatan di Jakarta, Wulan salah seorang pasien yang sudah dianggapnya sebagai anak sendiri, diperkosa dan hamil. Kondisi psikis Wulan yang istimewa membuatnya tak mungkin merawat dan membesarkan seorang anak, dan Sumantri yang protektif berniat mengaborsi kandungan Wulan namun menghadapi dilema berat karena keyakinan masyarakat setempat yang menentang keras aborsi.

Cerita Yogya (Chant From A Tourist Town)
Sutradara: Upi
Cerita: Vivian Idris
Director of Photography: Teoh Gay Hian
Pemain :Kirana Larasati, Fauzi Baadila, Adithya Putri, Astriyani Nadya, Dinda Alamanda, Gia Partawinata, Kukuh Adirizky, Dyo Aleathea, Ariel Vanka K, Achmadi, Arie Dagienk

Safina dan kelompoknya adalah pelajar SMA di Yogyakarta, kota turis yang juga kota pelajar. Warnet yang menjamur di pelosok kota tidak hanya memenuhi kebutuhan para mahasiswa akan teknologi, namun juga Safina siswa SMA dan teman seumurnya, para remaja yang baru saja akil baliq dan sedang giras mengeksplorasi banyak hal utamanya yang berkaitan dengan seks. Akses luas internet membuai sekelompok anak remaja ini untuk bereksperimen dengan seks tanpa bekal pengetahuan yang lengkap. Ketika Jay Anwar seorang jurnalis dari Jakarta tiba di Yogya untuk riset tulisannya, Safina jatuh hati padanya. Dua sejoli ini saling memanfaatkan untuk kepentingan pribadi, dan Safina yang naif mempertaruhkan masa depannya untuk pria ini.

Cerita Cibinong (Chant From A Village)
Sutradara: Nia Dinata
Cerita: Melissa Karim
Director of Photography: Ical Tanjung
Pemain : Shanty, Sarah Sechan, Ken Nala Amrytha, Firza Achmar Paloh, Otto Satrya Djauhari, Reka Wijaya, Norma Yunita, Sri Mulyani, Alditio Pradana

Esi seorang pembersih WC di klab dangdut Merem Melek bekerja keras untuk biaya hidup dan pendidikan Maesaroh putri semata wayangnya. Ia nyaris putus asa ketika mendapatkan Narto kekasihnya melecehkan Maesaroh. Beruntunglah Esi karena Cicih, primadona klab Merem Melek memberikan perlindungan dan tempat tinggal. Saat akan membangun kembali mimpinya, Esi dihadapi pada kenyataan pahit karena Cicih dan Maesaroh terjerat sindikat perdagangan perempuan.

Cerita Jakarta (Chant From The Capital City)
Sutradara: Lasja F. Susatyo
Cerita: Melissa Karim
Director of Photography: Ical Tanjung
Pemain : Susan Bachtiar, Ranti Maria, Tarzan, Ratna Riantiarno, Winky Wiryawan, Henky Solaiman, Sumiati

Laksmi seorang janda beranak satu yang kehilangan suaminya karena HIV/AIDS. Masih dalam suasana berduka ia harus menghadapi kenyataan bahwa dirinya tertular virus mematikan itu, dan keluarga suaminya berkeras mengambil alih hak asuh Belinda, anak perempuannya. Naluri seorang Ibu membuatnya bertahan untuk tetap mengasuh Belinda meskipun ia harus kehilangan semua hartanya, dan bersusah payah membawa Belinda berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Namun niatnya terbentur kenyataan, membesarkan anak dengan kondisi yang makin lemah tanpa penghasilan memaksa Laksmi mengambil keputusan besar, demi memberikan yang terbaik bagi Belinda dan dirinya.

www.zennku.blogspot.com

Tidak ada komentar: